Jumat, 23 September 2011

Strategi Menentukan Target Market


Pembeli adalah "raja". begitulah istilah bagi pembeli dalam bisnis yang tidak menerapkan sistem monopoli. Termasuk juga bisnis dalam sektor makanan, tidak seperti pertamina, ataupun Perusahaan Lisrik Negara yang menjadi Produsen tunggal dalam penjualan dalam sektor yang mereka geluti. Dalam sistem monopoli konsumen hanya dapat "menelan" mentah-mentah setiap produk yang dikeluarkan perusahaan tersebut. Maka dari itu kita harus cermat mencari celah agar pelanggan puas dengan apa yang kita jual.

Berikut ini saya berikan beberapa jenis konsumen untuk mengetahui karakteristiknya masing-masing, sehingga dapat membantu Anda dalam menentukan target pasar, agar usaha makanan yang Anda jalankan dapat tepat sasaran:

Konsumen Anak Muda/ Mahasiswa
Dalam kesehariannya anak muda merupakan konsumen paling royal. Anak muda juga merupakan konsumen yang paling suka berkumpul dengan teman-temannya, hal ini dapat Anda jadikan strategi bagaimana membuat agar tempat usaha Anda bisa menjadi tempat bagi mereka berkumpul.

Konsumen Anak-Anak
Pangsa pasar anak-anak dapat di bidik apabila tempat usaha Anda berada di pusat keramaian yang dikunjungi anak-anak, seperti: taman bermain, dokter anak, atau pusat perbelanjaan.

Konsumen Keluarga

Tempat makan yang memiliki pangsa pasar keluarga biasanya akan memberikan suasana yang sejuk, nyaman dan tenang dengan menghadirkan unsur rekreasi dan keindahan. Dan persiapkan juga menu yang variatif tanpa melupakan kualitas produk

Bagaimana ? sudah terpikirkan konsumen mana yang akan Anda bidik? Segera tentukan dan realisasikan pada usaha makanan Anda. Kemudian bersiaplah untuk meraih kesetiaan pengunjung serta keuntungan usaha Anda. Salam sukses

0 komentar:

Posting Komentar